Selasa, 04 November 2008

INTERNET SEBAGAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Internet merupakan salah satu teknologi hasil penggabungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Dengan teknologi komunikasi, kita dapat mengumpulkan dan memproses ataupun bertukar informasi dengan individu lain. Melalui teknologi informasi kita juga dapat mengolah atau menyebarkan informasi yang dikombinasikan antara komputer dengan teknologi komunikasi. Dari sinilah, maka internet dikatakan suatu hasil penggabungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Karena dengan adanya internet, kita dapat memperoleh informasi secara cepat, baik dari dalam maupun luar negeri.
Melalui internet pula, kita dapat memperoleh banyak teman dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di internet itu. Internet membuka dunia dengan informasi yang didapat melalui website-website didalamnya. Hal inilah yang dapat dikatakan atau dijadikan alasan bahwa teknologi komunikasi yang lebih mengacu pada hardware yang memungkinkan untuk mengumpulkan, memproses, dan bertukar informasi yang kemudian dihubungkan dengan pengerjaan teknologi informasi yang menggunakan perangkat komputer.
Ngobrol Gratis Lewat Internet
Teknologi Peer-to-Peer pertama kali diperkenalkan dan dipopulerkan oleh aplikasi file-sharing seperti Napster dan KaZaA. Dalam konteks ini, teknologi P2P memperbolehkan user untuk saling berbagi, mencari, dan mendownload file-file terutama file-file lagu dan video.
Sistem P2P sesungguhnya adalah terciptanya keadaan, dimana semua nodes ( simpul-simpul ) pada jaringan bergabung bersama secara dinamis untuk berpartisipasi dalam lalu lintas data, pemrosesan, dan pengerjaan tugas yang seharusnya ditangani oleh server pusat. Jaringan P2P yang terdesentralisasi ini memiliki beberapa keuntungan apabila dibandingkan dengan jaringan client-server. Jaringan ini berskala hampir tidak terbatas tanpa mengurangi waktu untuk pencarian dan tanpa diperlukannya biaya untuk sumber daya terpusat ( centralized resources ).
Dengan adanya sumber daya yang terdesentralisasi, jaringan P2P dapat menghilangkan secara virtual biaya yang dibutuhkan untuk sebuah infrastruktur besar yang tersentralisasi.
Skype adalah sebuah jaringan telepon internet ( VoIP ) peer-to-peer yang didirikan oleh Niklas Zennstr dan Janus Friis , sang pencipta KaZaA. Melalui program ini, penggunaan skype dapat berbicara dengan pengguna skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya ( skype-out ) , menerima panggilan telepon dari tradisional ( skype-peln ) , dan menerima pesan suara. Kegunaan dasarnya adalah pembicaraan telepon melalui komputer dimanapun pengguna berada ( dengan koneksi internet ) secara gratis.
Hingga kini software sky-pe masih berupa freeware sehingga bisa didownload dari situs www.skype.com. Software ini juga tersedia untuk kalangan PC rumahan ataupun untuk pocket PC. Sepereti aplikasi messenger lainnya ( MSN, Yahoo!, ICQ, dll ) pengguna skype harus mendaftar terlebih dahulu dengan user ID dan komunikasi dapat dilakukan hanya dengan sesama komputer yang sudah memiliki aplikasi ini.
Syarat untuk menginstall software ini :
• Memiliki sistem operasi microsoft windows 2000 atau microsoft windows XP
• Memiliki prosesor yang berkecepatan minimal 700 MHz
• Memory 128 MB
• Koneksi internet ( paling lambat 33 Kbps )
• Memiliki soundcard, sebuah speaker dan microphone

sumber : http://fyablog.wordpress.com/2007/07/17/tugas-ptk-internet-sebagai-teknologi-komunikasi-dan-informasi/

Tidak ada komentar: